EDISI REVISI BERITA
MTsN 1 SUMBAWA

BERITA



Kontak


Alamat :

Jln. Durian Kelurahan Uma Sima Sumbawa

Telepon :

(0371) 2629137

Email :

mtsnsumbawabesar@gmail.com / info@mtsn1sumbawa.sch

Website :

mtsn1sumbawa.sch.id

Media Sosial :



Kanwil KEMENAG




HAB KEMENAG KE-77



AKREDITASI MTsN 1 Sumbawa



VISI DAN MISI



MTsN 1 SUMBAWA DIREAKREDITASI TARGETKAN NILAI - A


MTsN 1 Infomad

Selama dua hari yaitu tanggal 3-4 oktober MTsN 1 Sumbawa dilakukan visitasi akrditasi berbasis data dan fakta lapangan yang dipusatkan di aula Madrasah. Dalam kegiatan visitasi itu telah datang dua asesor  dari Badan AKreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BANS/M) provinsi NTB yaitu H. Wahidin, S.Pd, MM dan Hj. Hibatullah, S.Pd, M.Pd.

Kedatangan team asesor disambut dengan tari Nguri (tari menyambut tamu) asli Sumbawa dan dilanjutkan  pengalungan kain sal khas Sumbawa kemudian tradisi tebok nyir oleh tamu. Selanjutnya sambutan itu diiringi dengan sholawat dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta para siswa menuju ruangan visitasi.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Sumbawa Adiat, S.Ag menyatakan bahwa posisi kualifikasi Akreditasi MTsN 1 Sumbawa saat ini di sertifikat tertera A. Namun nilainya belum sempurna. Karenanya diharapkan pada akreditasi tahun ini akan mendapatkan nilai yang sempurna. “ kami yakin dengan kesiapan dan ikhtiar yang dilakukan oleh pihak madrasah insyaAllah maksimal.  Kenyataan tidak akan membohongi hasil. Dari itu semoga MTsN 1 akan memperoleh kuaifikasi yang terbaik ” harapnya.

Dalam kesempatan itu  H. Wahidin, S.Pd, MM memberikan Sambutan  atas nama ketua tim asesor. Dirinya menyatakan bahwa "yang utama itu adalah silaturrahim yang selalu kita syukuri. Dikatakannya kalau nilai A  yang sudah bagus tidak akan diakreditasi lagi tetapi akan diperpanjang. Tetapi Kenapa MTsN 1 Sumbawa ini diakreditasi? Ada dua kemungkinan. Pertama dulu A itu di bawah 91.atau yang kedua di dashboard  Iindek Pemenuhan Mutlak (IPM) itu terlihat nilai IPMnya itu nilainya 25 nilai 25 itu sangat rendah. Sehingga dikabarkan bahwa akan adanya akreditasi maka operator memperbaiki/ada nilai perbaikan. Kalau dioperasionalnya saya yakin bagus. Hanya di teknisnya dashboard monitoringnya kurang dikontrol oleh Kamad ataupun operator. Dengan akreditasi ini kita menjadi dapat bersilaturrahim,"paparnya.

lanjutnya kegiatan ini akan dilakukan dua hari. Dulu ada 8 standar masing masing ada map tersdia di meja. Sekarang sistemnya sudah berubah ada empat saja seperti yang terlihat seperti : 1). Mutu guru   2). Mutu lulusan 3). Proses belajar mengajar kemudian 4). Manajement sekolah. 

Dirinya mencontohkan bahwa  di Proses Belajar Mengajar (PBM) anggap saja guru-guru di sini itu ngajarnya pas-pasan tapi yang praktik yang bagus sekali maka dianggap semuanya bagus. Nanti ada satu yang praktik mengajar yang kami lihat. Saya di dalam kelas . mungkin akan didahulukan ketua komite, alumni atau yang ada kepentingan. Wawancara dengan kepala sekolahnya akan dimaksimalkan dengan wakilnya. Kami dari BAN S/M NTB. Asal sekongkang saya pegawas sekolah.

Dirinya menjelaskan bahwa kondisi  Asessor KSB 2 orang ada ketua tim. semoga harapan kepala madrasah dan seluruh keluarga besar MTsN 1 Sumbawa terkabul adanya . Kita tidak bisa merekayasa sudah ada patokannya melalui aplikasi. dalam wawancara kita wawancara apa adanya saja.,"katanya

Pada kesempatan yang sama Hj. Hibatullah, S.Pd, M.Pd. juga memberikan tambahan sambutan dengan mengajak civitas MTsN 1 Sumbawa untuk mengisi hidup dengan ibadah. Dikatakannya “kita iringi setiap hembus nafas kita dengan zikir kepada Allah SWT dan senantiasa bersholawat. Disinggung tentang al-Qur’an yang luar biasa menjadi nutrisi secara fisik. Karenanya MTs sangat mengutakana baca Al-Qur’an pada pemahaman dan penerapan di sekolah dan di luar,”katanya.

Lanjut Hj Hibatullah bahwa berbicara akreditasi kenapa ada akreditasi? Dirinya menjelaskan karena satuan pendidikan itu wajib menjamin mutu. Sitem penjaminan mutu di pendidikan itu ada dua. 1. Secara internal dan 2. eksternal. Secara internal  artinya di dalam satuan pendidikan itu sendiri. Kita bagaimana mengupayakan terjadinya penjaminan mutu baik di intra korikuler, ektra kurikuler maupun ko kurikuler. Kita rencanakan sendiri kita implementasikan sendiri kita evaluasi sendiri. Terus bersiklus seperti itu lagi. Tetapi tidak cukup sampai di situ ada sistem penjaminan mutu eksternal . yang ekternal ini bisa jadi dilakukan oleh Dinas pendidikan , oleh Kemenag bagi madrasah. Kemudian oleh badan independent seperti Badan Akreditasi Nasional sekolah/Madrasah (BAN S/M). “kami yakin dari kaca jendelanya artinya kebersihannya tidak perlu di wawancara sudah kelihatan” katanya berseloroh. Tetapi mengapa ada visitasi ini? Penyebab adanya reakreditasi itu ada tiga yaitu : 1). Karena permintaan sekolah/madrasah yang bersangkutan. Apa dasarnya kok ada minta akreditasi? karena ingin meningkatkan level capaian sertifikat sertifikasi. .mungkin sebelumnya B sementara sekarang indicator indikatornya semua seudah ada. Yang ke dua : katena adanya indikasi penurunan . dari mana kok terjadi indikasi  karena ada terjadi penilaian terus-menerus dimonitoring satu data. Tidak seperti dulu data internal dengan eksternal biasa beda.  Ada kecenrungan manipulasi data. Di aplikasi disajikan ada tetapi di lapangan tidak ada sekarang tidak bisa begitu. Bantuan dari pemerintah saat ini berdasarkan perencanaan berbasis data. Banyak di temukan di lapangan terkait kekurangan guru . bagaimana mau dikasih di datanya lengkap. Tapi realitasnya tidak ada. Data dapodik dan di data EMIS tidak  diperbaharui maka pemerintah pusat dan daerah  data yang di dapodik dan emis jadi patokan.  Mau penambahan data harus di update . system akreditasi sebelum 2017 berdasar 8 standar 157-159 indikator. Kalausekarang 2020 diubah 8 standar tetap jadi rujukan yang jadi yag divisitasi adala; wawancara, dokumen, observasi, dll. System menggali data. Yang 4 mauk ke Indikator Pemenuhan Mutlak (IPM) dan Indikator Pemenuhan Relatif (IPR).

Diinformasikannya terkait kondisi jumlah asesor NTB sebelumnya berjumlah 303 orang lalu disaring menjadi 45 orang. Saat ini banyak aseseor dari Perguruan Tinggi (PT) artinya jangan heran jika beragam . bukan saja berlatar belakang pengawas ada juga penjaringan aseseor pesertanya dari dosen dan praktisi pendidikan. “insyaallah tujuan asesor bekerja  tidak lain upaya bersama tingkatkan mutu. Mutu lulusan, siswa yang lulus dari sekolah ini bisa beri contoh bagi lingkungannya, .

Ditambahkannya dari dashboard monitoring data komposit terdiri dari data assessment nasional, ata survey, survey karakter, survey lingkungan belajar, dan lainnya termasuk data hasil penilaian pengawas sekolah/madrasah., “pungkasnya (HK)

 


PENCARIAN BERITA DI WABSITE MTsN 1 SUMBAWA



PTK



PENGUMUMAN ONLINE



PPDB ONLINE



IKLAN ANDA



PETA LOKASI



VIDEO-YOUTUBE_ KARYA SRI WAHYUNI,S.Pd



BUPATI DAN WAKIL BUPATI SUMBAWA




BALITBANG KEMENAG




PEMDA SUMBAWA



ARSIP



JADUAL PELAJARAN




PERPUSTAKAAN



KHAZANAH INFO



KALENDER PENDIDIKAN KEMENAG