EDISI REVISI
MTsN 1 SUMBAWA

BERITA


HSN, MTsN 1 BERUBAH JADI PESANTREN ?

MTsN1 Infomad
Belum banyak orang tahu setelah dikeluarkan Keppres Nomor 22 Tahun 2015 oleh Presiden RI, Joko Widodo.Indonesia memperingati Hari Santri Nasional (HSN) setiap tanggal 22 Oktober.sejak 2015. Baik oleh Pondok maupun oleh Madrasah non Ponpes. Lahirnya hari santri Nasional itu dilator belakangi sejarah perjuangan para santri yang ikut ambil bagian  dala perjuangan membela bangsa. Terlebih lagi adanya resolusi jihad melawan penjajah yang difatwakan oleh KH Hasyim Asy’ari untuk membela Tanah Air dari penjajah hukumnya fardlu’ain atau wajib bagi setiap individu.    Resolusi Jihad itu kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945.
Itulah yang melatar belakangi  lahirnya hari santri yang diperingati oleh para santri seluruh Indonesia dan siswa madrasah non santri. Di kabupaten Sumbawa sendiri peringatan hari santri dipusatkan di halaman Kantor Bupati Sumbawa yang dihadiri oleh perwakilan Ponpes se kabupaten Sumbawa yang dikemas dalam acara apel hari santri kemudian dilanjutkan dengan pawai.              Karena hari santri merupakan  special para santri dan cakupannya. Namun madrasah yang non pondok pesantren (ponpes) juga berpartisispasi dengan menggelar anneka kompetisi bernuansa religi dan pendidikan.                                                                    
Dari pantauan lapangan dalam rangka menyemarakkan HSN di sejumlah Pondok pesantren di kabupaten yang tersebar di seluruh kecamatan secara internal menggelar lomba hifzul Qur’an, tilawatil qur’an, khattil qur’an.Begitu pula dengan madrasah non ponpes , seperti di beberapa madrasah negeri menggelar lomba pawai, sholat janazah, azan, tartil, dan pidato tiga bahasa ( Indonesia, Arab dan Inggris).                                                                                                                                                
Berbeda dengan di MTsN 1 Sumbawa, dalam berpartisipasi mengisi hari Santri Nasional  tahun ini menggelar, upacara peringatan HSN, istigasyah dan khatmil Qur’an berjama’ah, tahsinul Qur’an. ketika berlangsungnya khatmil Qur'an di semua kelas. seketika itu muncul nuansa yang luar biasa yaitu dengan gemuruhnya lantunan Al-Qur'an membuat merinding. Hal itu yang dirasakan pembina jurnalis ketika melakukan shotting. 
Kegiatan semacam itu terus akan diagendakan tiap tahun dan ditambah dengan kegiatan bernuansa religi dan pendidikan lainnya. Seperti yang dikatakan Adiat  ketua KKM MTsN 1 Sumbawa. Nuansa Santri di hari santri Nasional tidak dipraktikkan oleh pihak pesantren semata, namun pihak madrasah non pesantren menggunakan uniform pesantren dengan menggunakan baju ala pesantren yaitu sarungan dan baju koko berpeci.(HK)





BAPAK GURU DAN IBU GURU BERUBAH  SEBUTAN DAN PENAMPILAN DI HARI SANTRI NASIONAL


Kontak


Alamat :

Jln. Durian Kelurahan Uma Sima Kecamatan Sumbawa

Telepon :

(0371) 2629137

Email :

mtsnsumbawabesar@gmail.com / info@mtsn1sumbawa.sch

Website :

mtsn1sumbawa.sch.id

Media Sosial :


PTK


Kanwil KEMENAG


PENGUMUMAN ONLINE


PPDB ONLINE


IKLAN ANDA


VIDEO-YOUTUBE_ KARYA SRI WAHYUNI,S.Pd


PETA LOKASI


VISI DAN MISI


PERPUSTAKAAN


KHAZANAH INFO


KALENDER PENDIDIKAN KEMENAG


JADWAL PELAJARAN



BROSUR PPDB 2023-2024


HAB KEMENAG KE-77


BALITBANG KEMENAG


PEMDA SUMBAWA


ARSIP


BUPATI DAN WAKIL BUPATI SUMBAWA



SK PENEGERIAN MTsN 1 SUMBAWA


AKREDITASI MTsN 1 Sumbawa